Akankah Kecerdasan Buatan (AI, Artificial Intelligence) Menggantikan Pekerjaan kita?

Yee Selamat datang di dunia masa depan dimana semuanya serba terukur dan otomatis. Yakin atau tidak Hal itu sudah mulai terasa diawal tahun 2018 kemarin, dimana isu-isu revolusi industri 4.0 sudah mulai gencar dilakukan. Itu artinya semuanya pekerjaan yang mengandung runitas yang sama bakalan mulai berubah.

Ya kecerdasan buatan adalah salah satu bidang dalam dunia ilmu komputer yang mempelajari tentang membuat perangkat menjadi pintar. perangkat itu dapat beruba keras maupun lunak.

Contoh kecilnya adalah dulu orang mulai memantau pergerakan pasar saham dengan manual dan melakukan jual beli atau trading juga dengan manual alias dengan jangka waktu yang lumayan lama dan dengan cara menghubungi melalui telepon.

Namun sekarang itu mulai berubah. Sekarang komputer dapat dengan jelas menangkap semua data yang ada lalu mengolahnya untuk dianalisa yang akhirnya hasil analisa menjadi titik pengambilan keputusan. Nah komputer dengan mudahnya mendapatkan data, mengolah dan menghasilkan output apakah kita harus beli sekarang, jangan beli dulu atau beli nanti. Semua itu sudah terukur dengan jelas.

Kecerdasan tersebut juga mulai merambah ke dunia smartphone yang akhirnya dengan mudahnya kita mengatur lampu, memantau rumah dari kantor, menyiram tanaman ketika sedang berada di kereta atau berinteraksi dengan banyak orang diseluruh dunia dengan waktu yang bersamaan. Itu semua sudah menjadi nyata sekarang ini.

Nah, akibatnya adalah semakin canggihnya teknologi akan membuat banyak hal yang dapat dilakukan oleh manusia akan digantikan oleh kecanggihan teknologi.

Salah satu yang dapat tergantikan adalah pekerjaaan manusia.

Untuk apalagi kita bersusah payah untuk bekerja. sedangkan dengan kecerdasan kita dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan sesuai dengan produk yang kita jual dengan indikator psikologi pelanggan dan analisa kebutuhan pelanggan bahkan pasar.

Akhirnya pekerjaan analisis pasar ataupun marketing bisa saja tergantikan.

Tapi, Apakah benar hal itu dapat menggantikan pekerjaan? buktinya gak ada tuh di Indonesia. Apalagi di kampong ambe yang rata-rata mayoritas adalah pertanian. Apakah iya bisa diganti sama robot ?

jawabannya adalah “waktu”.

Orang yang tidak dapat mengusai teknologi maka mereka akan dikusai oleh teknologi.

Irfannur Diah

coba lihat berapa banyak dari adik-adik kita menjadi korban perbudakan teknologi yang dikatakan cerdas itu. mereka menaklukan pekerjaan mereka dengan teknologi atau malah menjadi budaknya teknologi.

tidak hanya itu kitalah yang sebenarnya adalah korban yang menjadi target teknologi tersebut.

ada artikel yang menyebutkan bahwa 10-20 tahun lagi akan ada 50% pekerjaan yang mulai digantikan oleh teknologi otomatisasi dengan kecerdasan buatan [1].

Kenapa pekerjaan manusia tersebut digantikan oleh robot kecerdasan buatan?

hal itu karena

  • Teknologi kecerdasan buatan dapat melakukannya lebih cepat dibanding manusia
  • Teknologi tersebut dapat bekerja tanpa pernah tidur
  • Teknologi tersebut lebih teliti dibandingkan manusia
  • Teknologi tersebut dapat menghemat biaya jauh dari pada menggaji manusia yang memiliki resiko yang lebih besar
  • Teknologi tersebut dapat dengan mudah memberikan hasil laporan dan analisanya dari pada manusia yang memerlukan waktu

yakinlah itu hanya sebagian dari banyaknya yang menjadi keunggulan. tapi tenang, ada sisi baiknya bahwa ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat digantikan oleh robot.

Tahu kenapa?

Robot itu gak punya perasaan. jadi hal yang berhubungan dengan perasaan tentunya manusia akan lebih menang dari pada robot. walaupun mereka bisa beradaptasi tapi tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan baik seperti manusia yang berfikir akan tuhannya.

Bersyukurlah kamu sekarang tidak berada dizaman tersebut. maka dari itu mulailah kusai teknologi dan mulai pantau perkembangannya. Salah satu caranya adalah dengan terus ikutin update dari tulisan ambe di blogger kampong ini.

Pekerjaan apa saja yang digantikan oleh kecanggihan kecerdasan buatan pada robot?

pekerjaan tersebut dapat kamu lihat di gambar berikut

Sumber ( https://willrobotstakemyjob.com)

Pekerjaan yang paling beresiko [2]

Waspadalah jika kamu seorang akuntan dan auditor karena probabilitasnya adalah 94% dapat digantikan dengan sistem otomatis.

Jadi jika kamu penasaran apakah pekerjaan kamu dapat digantikan atau tidak, kamu dapat mengeceknya di ( https://willrobotstakemyjob.com )

Kesimpulan

Kemungkinan Kecerdasan buatan akan menggantikan pekerjaan manusia bisa saja terjadi dan bisa saja tidak. hal itu tergantung dari dimana kamu bekerja dan kapan kamu bekerja, tahun berapa?.

Saat ini banyak perusahaan yang sudah memulai tapi tidak semua. Contohnya adalah tempat dimana saya bekerja sekarang. Kami mulai mengubah cara trading manual menjadi otomatis dengan teknologi kecerdasan buatan yang akhirnya bisa menentukan dengan sendiri kapan harus beli dan kapan harus jual dengan analisa pasar secara real time hanya bermodalkan smartphone.

Ingatlah bahwa teknolgi itu tidak dapat berdiri sendiri. Bagaimanapun mereka tetap butuh orang yang mengendalikan kerjanya dengan mengontrolnya. maka dari itu mulailah kusai dari sekarang.

Ini hanya intermezo yang menjadi isu yang mulai dibicarakan saat ini dan nanti ketika mulai terjadi.

Bagaimana pendapat kamu tentang hal ini?

silahkan tulisakan dikolom komentar yaaa. komentar kamu yang dalam sangat bermanfaat bagi pembaca yang lain.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Referensi :

  1. https://www.nbcnews.com/think/opinion/will-robots-take-your-job-humans-ignore-coming-ai-revolution-ncna845366?source=post_page—————————
  2. https://www.stlouisfed.org/publications/regional-economist/third-quarter-2018/many-jobs-face-automation#
  3. (Jurnal) https://www.oxfordmartin.ox.ac.uk/publications/the-future-of-employment/
  4. https://hackernoon.com/how-likely-is-your-job-to-be-automated-1e13x34oy

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer

Sliding Sidebar